Syarat dan Pembagian ( Zakat Fitrah )



Makalah Pengertian Syarat wajib zakat fitrah? Macam macam Zakat? Syarat pemberi zakat? Syarat Penerima Zakat? Zakat fitrah? Niat zakat fitrah? Doa zakat fitrah? Zakat harta? Doa zakat? Niat zakat? Doa niat zakat fitrah? Doa ijab qobul zakat? Doa menerima zakat fitrah? Zakat fitrah dengan uang? Orang yang berhak menerima zakat fitrah? Manfaat zakat fitrah? Fadhilah zakat fitrah?


Syarat wajib zakat fitrah - Sahabat kaula muda pencinta zakat, kali ini admin akan berbagi informasi tentang syarat-syarat wajib zakat fitrah. Sebelumnya admin juga sudah membuat artikel yangg penting untuuk anda baca juga yaitu tentang 8 Golongan orang yangg berhak menerima zakat , anda bisa membaca artikel tersebut dengaan meng klik link tersebut. Tanpa panjang lebar lagi, silahkan perhatikan penjelasan lengkap tentang syarat wajib zakat fitrah dibawah ini.

Syarat Wajib Zakat Fitrah

Berbeda dengaan zakat lainnya seperti zakat mal, zakat pertanian, dan lain lain yangg memiliki syarat-syarat untuuk sampai pada kewajiban membayar zakat (nishab dan haul), zakat fitrah tidak memiliki syarat tersebut.
Artinya zakat fitrah diwajibkan kepada semua ummat islam baik itu laki-laki, perempuan, orang tua, anak muda, anak-anak, bahkan bayi yangg masih didalam kandungan pun wajib dibayar zakat fitrahnya. Tapi tentu saja anak-anak dan bayi tidak membayar zakatnya sendiri, tetapi orang tuanya atau yangg bertanggung jawab  atas anak itu, dan itu semua tergantung kepada kemampuannya. jika tidak mampu tidak usah membayar, tetapi diberi/menerima zakat fitrah tersebut.
Dengaan kata lain, syarat wajib zakat fitrah itu ialah semua orang islam yangg berjiwa dan juga mampu (dalam hal materi).

Waktu Pembagian Zakat Fitrah

Ada hal lain yangg penting yangg perlu diperhatikan didalam hal zakat fitrah, yaitu waktu pembagiannya. Didalam hadits yangg menerangkan tentang zakat fitrah disebutkan bahwa waktu pembagian zakat fitrah itu sebelum sholat iedul fitri dimulai.
Semua ulama sepakat tentang hal ini, tetapi mereka berbeda pendapaat tentang kata "sebelum", ada yangg menafsirkannya sangat luas sehingga menurut mereka pembagian zakat fitrah bisa tanggal 1 romadhon, ada yangg menafsirkan sehari atau dua hari sebelum sholat iedul fitri, dan ada juga yangg menafsirkan benar-benar sebelum sholat iedul fitri, waktu yangg paling dekat yaitu setelah sholat shubuh.
Tidak ada yangg tahu pendapaat yangg paling benar yangg mana, tetapi jika kita perhatikan, kata "sebelum" didalam hadits yangg menerangkan tentang ibadah biasanya menunjukkan waktu yangg paling dekat. Misalnya hadits yangg menerangkan tentang sholat sunnat qobla subuh (sebelum shubuh), sholat qobla shubuh tidak mungkin dilakukan pada jam 23:00 malam atau jam 02:00 pagi misalnya, tapi sholat qobla shubuh dilakukan sebelum sholat shubuh dan setelah adzan shubuh dikumandangkan, waktu terdekat dengaan sholat shubuh.
Nah begitu juga dengaan zakat fitrah ini, ketika hadits tentang zakat menyebutkan bahwa waktu pembagian zakat fitrah itu sebelum sholat ied, artinya benar-benar sebelum sholat iedul fitri dimulai. Dan jika lewat dariii sholat iedul fitri, maka itu tidak termasuk zakat fitrah, tetapi bernilai shodaqoh biasa.

Note: Untuuk penjelasan lebih lengkap dan jelas tentang zakat fitrah, anda bisa membuka halaman pengertian zakat fitrah. Dan untuuk penjelasan lebih lengkap tentang zakat, bisa membaca Pengertian zakat.

Sahabat pencinta zakat, kita sudah sampai pada akhir artikel tentang syarat wajib zakat fitrah, semoga bermanfaat. Dan semoga artikel ini menjadikan kita lebih bersemangat lagi untuuk melakukan kewajiban-kewajiban Alloh SWT terutama zakat.

Visitor