Makalah Permainan Tangram yang berkonsep Geometri Analitik



Makalah Pengertian Permainan Tangram yang berkonsep Geometri Analitik ?  ,Pengertian Tangram ? Konsep Geometri pada Tangram ? Pembuatan Tangram ? Kegunaan Tangram ? ,Pengertian Geometri ? ,Pengertian Analitik? ,Contoh Tangram ? ,contoh Geometri Analitik ?



MAKALAH
Permainan Tangram yangg berkonsep
Geometri Analitik
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah Geometri Analitik
Dosen Pengampu : ____________

Makalah Permainan Tangram yang berkonsep Geometri Analitik
Makalah Permainan Tangram yang berkonsep Geometri Analitik
     
   Disusun Oleh :

Kelompok  3
Matematika-C/ SEMESTER II

FmaAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
TAHUN 2013


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi ALLAH SWT yangg Maha Pengasih dan Maha Penyayangg. Salawat dan Salam senatiasa di limpahkan kepadaa jungjungan Nabi Muhamad SAW. Penulis bersyukur kepadaa Allah swt yangg telah memberikan taufiq dan hidayah-Nya sehingga makalah ini yangg berjudul ” Permainan Tangram yangg berkonsep Geometri Analitik” dapatt di selesaikan tepat padaa waktunya.
Semoga dengaan dibuatnya makalah ini dapatt bermanfaat bagi penulis juga pembacanya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Tidakk lupa pula kami ucapakan terimakasih kepadaa dosen kami Ibu Arif Muchyidin, M.Si yangg telah membimbing kami dalaam pembuatan makalah ini tak lupa pula kepadaa  pihak pihak yangg selalu mendukung kami dalaam penulisan makalah ini.
Kami menyadarii bahwa dalaam pembuatan makalah ini masih terdapatt kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yangg membangun untuk kesempurnaan makalah kami selanjutnya. Demikianlah makalah ini kami buat mudah-mudahan dapatt bermanfaat bagi kita semua.



Cirebon,  Oktober  2013  

                                                 Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.     Latar belakang.............................................................................................................................. 1
1.2.Rumusan masalah............................................................................................................................ 1
1.3.Tujuan penulisan............................................................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1    Pengertian Tangram...................................................................................................................... 2
2.2 Konsep-konsep geometri padaa tangram................................................................................... 9
2.3. Pembuatan Tangram.................................................................................................................... 10
2.4. Kegunaan tangram........................................................................................................................ 10
BAB III PENUTUP
         3.1 Kesimpulan        .............................................................................................................................. 18
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar belakang

Geometri merupakan penyajian abstraksi pengalaman visual dan spasial, misalnya bidang, pola, pengukuran dan pemetaan. Sedangkan darii sudut pandang matematik, geometri menyediakan pendekatan-pendekatan untuk pemecahan masalah, misalnya gambar-gambar, diagram, sistem koordinat, vektor, dan transformasi. Geometri juga merupakan sarana untuk mempelajari struktur matematika (Burger & Culpepper, 1993:140).
Budiarto (2000:439) menyatakan bahwa tujuan pembelajaran geometri ialah untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, mengembangkan intuisi keruangan, menanamkan pengetahuan untuk menunjang materi yangg lain, dan dapatt membaca serta menginterpretasikan argumen-argumen matematik.
Geometri analitik ialah salah satu cabang ilmu matematika. Geometri anlitik merupakan salah satu cabang geometri yangg memiliki karakteristik menarik yaitu pengkombinasian antara ilmu aljabar dan ilmu geometri. Padaa dasarnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu geometri analitik bidang dan geometri analitik ruang. Kedua bagian ini saling berhubungan erat dan tidakk bisa dipisah-pisahkan.
Masalah-masalah geometri akan diselesaikan melalui metode aljabar atau secara analitik. Sebaliknya melalui gambar geometri akan memberikan pemahaman yangg jelas padaa pengertian hasil belajar secara aljabar.
Dalaam pembelajaran tentunya diperlukan permainan sekedar untuk mengibur agar murid tidakk merasa bosan atau jenuh. Permainan dengaan menggunakan konsep geometri analitik tentu banyak macamnya baik berupa bangun datar maupun bangun ruang. Banyak contoh permainan yangg bisa diterapkan untuk mengurangi kejenuhan yangg berkelanjutan.


2.     Rumusan masalah

Ø  Mengapa menggunakan metode permainan dalaam pembelajaran geometri analitik ?
Ø  Apa contoh permainan yangg bisa digunakan dengaan konsep geometri analitik ?
Ø  Apa manfaatnya permainan tersebut yangg berkonsep geometri analitik ?

3.     Tujuan penulisan

Ø  Untuk mengetahui contoh permainan yangg berkonsep geometri analitik
Ø  Untuk mengetahui manfaat permainan yangg berkonsep geometri analitik
Ø  Mampu mengaplikasikan permainan tersebut dalaam pembelajaran



BAB II

PEMBAHASAN

1.  Pengertian tangram

Tangram ialah permainan yangg paling tua yangg dikenal dalaam matematika. Tangram berasal darii bahasa mandariin ‘qi qiao ban’ sedangkan secara harfiah berarti 7 papan keterampilan yaitu suatu puzzle yangg terdiri darii tujuh keping bangun datar disebut tans. Tangram ialah salah satu jenis puzzle yangg paling populer di dunia.
Tujuan darii permainan tangram ialah untuk menyusun ke tujuh keping itu menjadi suatu bentuk-bentuk misalnya imajinasi kita, bisa menyerupai binatang, benda di sekitar atau apa saja yangg dapatt kita pikirkan. Permainan ini diciptakan di China tanpa diketahui kapan tepatnya dan kemudian dibawa ke Eropa oleh kapal-kapal dagang padaa permulaan abad ke-19.
Menurut teori, mereka yangg menggunakan otak kiri, cenderung berfokus padaa pemikiran logis, analisa, dan ketepatan. Sedengkan otak kanan, cederung berfokus padaa keindahan, perasaan, dan kreativitas. Nah, karena Tangram menggunakan imajinasi dan analisa maka permainan ini dapatt memacu pengalaman estetika dan mental sekaligus dengaan lengkap. Mereka yangg berpikir secara visual-spatial (otak kanan) akan mendapatti bahwa permainan Tangram melatih kemampuan berpikir mereka secara logis. Sedangkan mereka berpikir secara analitis (otak kiri) akan mendapatti bahwa permainan Tangram mengasah kemampuan mereka bekerja dengaan bentuk, warna, dan imajinasi.

2.  Konsep- konsep geometri padaa tangram

Berbagai bentuk tampak serupa atau berbeda dapatt ditentukan berdasarkan sususnan darii sifat-sifat geometrinya. Bentuk-bentuk tersebut dapatt dipindahkan si suatu bidang atau ruang (transformasi). Transformasi ialah perubahan padaa posisi atau ukuran bentuk. Perubahan-perubahan ini dapatt dijabarkan dalaam istilah translasi (pergeseran), refleksi (pembalikan), dan rotasi (perputaran) serta perkembangan awal darii simetri garis dan simetri putar.

Gambar 1. Pergeseran, perputaran, pencerminan. Dilation (pembesaran) tidakk termasuk konsep geometri padaa tangram.



Jika sebuah bentuk dapattdilipat padaa suatu garis sehingga kedua bagiannya cocok, bentuk tersebut dikatakan mempunyai simetri garis yangg bahwasannya garis lipatan tersebut sebenarnya merupakan sebuah garis pencerminan ̶̶̶̶  bagian bentuk padaa satu sisi garis di cerminkan ke sisi yangg lain. Itulah hubungan antara simteri garis dengaan transformasi.
Gambar 2. Simetri garis yangg merupakan pencerminan darii garis lipatan di cerminkan pula.

Sebuah bentuk memiliki simetri putar jika dapatt diputar padaa suatu titik dan berakhir padaa posisi yangg tepat cocok seperti posisi semula. Sebuah persegi mempunyai simetri putar sebagaimana halnya segitiga sama sisi. Sebuah bujur sangkar memiliki simtri putar 4, sedangkan sebuah segitiga sama kaki memiliki orde simetri putar 3,. Jajaran genjang memiliki orde simtri putar 2.
Bentuk-bentuk dapatt dilihat darii berbagai sudut pandang. Kemampuan dalaam memahami darii berbagai sudut pandang membantu kita memahami hubungan antara bangun-bangun dua dimensi dengaan tiga dimensi dan mengubah posisi ukuran bentuk dalaam hati.
Tangram memberikan kesempatan padaa pemain segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa untuk menggunakan permainan ini sebagai alat peraga guna membentuk pengertian akan ide-ide geometri, juga mengembangkan kemampuan spasial. Mereka dapatt menggerakkan kepingan-kepingan tangram untuk menyadarii relasi bentuk geometri tiap keping, dan juga mempelajari mengenai pembalikan, pemindahan dan perputaran (refleksi, rotasi dan pemindahan posisi). Hal ini memberikan gambaran nyata bagi mereka yangg orientasi belajarnya ialah melalui penglihatan (visual).
Dengaan memindahkan-mindahkan ketujuh kepingan yangg ada, kita dapatt menciptakan berbagai bentuk yangg sangat banyak. Ini ialah awal mula atau dasar untuk mengerti akan luas dan garis keliling. Kongruensi, persamaan dan simetri juga dapatt dipelajari menggunakan tangram. Kita bahkan juga dapatt menggunakan tangram untuk menghitung luas tanpa menggunakan rumus

3.  Pembuatan tangram

Tangram merupakan salah satu permainan edukatif yangg bisa dibuat darii bahan-bahan yangg sederhana. Tangram dengaan mudah dibuat sendiri. Dengaan memotong kertas menurut garis-garis, maka akan diperoleh tangram yangg dimaksud.  Permainan ini yaitu suatu permainan puzzle persegi yangg dipotong menjadi  7 bagian, terdiri darii:
  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)
  • Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)
  • Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang)
  • Satu bujursangkar (kecil), dan
  • Satu jajaran genjang
   
Gambar 3. Tangram bangun datar.                                       Gambar 4. Tangram bentuk orang.


4.  Kegunaan tangram

Manfaat tangram dalaam pelajaran matematika yaitu untuk mengembangkan kreativitas, menguji keterampilan, daya pikir anak dan mengenalkan bentuk bidang datar kepadaa anak anak dan cocok digunakan sebagai media belajar.
Mengingat matematika ialah induk pengetahuan dan ternyata metematika hingga saat ini belum menjadi pelajaran yangg di favoritkan. Memperhatikan permasalahan ini, sudah selayaknya dalaam pengajaran matematika dilakukan suatu inovasi dan tentunya anak-anak didik menjadi senang.
Dunia anak ialah dunia bermain yaitu dunia yangg penuh dengaan spontanitas dan menyenangkan. Sesuatu akan dilakukan oleh anak dengaan penuh semangat apabila terkait dengaan suasana yangg menyenangkan. Namun akan dibenci dan dijauhi oleh anak apabila suasananya tidakk menyenangkan, selama ini proses pembelajaran khususnya paradigm yangg lama dimana guru memberikan pengetahuan kepadaa anak dan anak menerimanya secara pasif. Padaa tingkatan usia yangg lebih tua pun masih menyukai sisi permainan dalaam suatu pembelajaran. Matematika padaa pembahasan geometri merupakan salah satu materi yangg di anggap sulit oleh kalangan peserta didik.  Dengaan memanfaatkan tangram diharapkan peserta didik menjadi senang belajar matematika khususnya materi pelajaran geometri yangg dianggap siswa paling abstrak.
Para ahli berpendapatt bahwa tangram bermanfaat dalaam berbagai hal, di antaranya:
·       Mengembangkan rasa suka terhadap geometri
·       Mampu membedakan berbagai bentuk
·       Mengembangkan perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri
·       Mengembangkan kemampuan rotasi spasial
·       Mengembangkan kemampuan pemakaian kata-kata yangg tepat untuk memanipulasi bentuk (misalnya ‘ membalik’, ‘memutar’, ‘menggeser’)
·       Mempelajari apa artinya ‘kongruen’ (bentuk yangg sama dan sebangun)



BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Tangram ialah salah satu jenis puzzle yangg paling populer di dunia. Tangram ialah permainan yangg paling tua yangg dikenal dalaam matematika. Permainan ini diciptakan di China tanpa diketahui kapan tepatnya dan kemudian dibawa ke Eropa oleh kapal-kapal dagang padaa permulaan abad ke-19. Tujuan darii permainan tangram ialah untuk menyusun ke tujuh keping itu menjadi suatu bentuk-bentuk misalnya imajinasi kita, menyerupai binatang, benda di sekitar atau apa saja yangg dapatt kita pikirkan.
Imajinasi dan kreatifitas ialah dua hal yangg sangat diasah oleh permainan matematika ini. Permainan ini membuat ilmu geometri dapatt dipahami dalaam bentuk-bentuk yangg sederhana dan mengasyikkan. Bentuk geometri yangg ada padaa tangram diantaranya:
·         Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar)
·         Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil)
·         Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang)
·         Satu bujursangkar (kecil), dan
·         Satu jajaran genjang

Visitor