Pengertian dan Tujuan Hukum Internasional


PENGERTIAN HUKUM INTERNASIONAL

Hukum internasional ialah bagian hukum yangg mengatur aktivitas entitas berskala internasional. Padaa awalnya, Hukum Internasional hanya diartikan sebagai perilaku dan hubungan antarnegara namun dalam perkembangan pola hubungan internasional yangg semakin kompleks pengertian ini kemudian meluas sehingga hukum internasional juga mengurusi struktur dan perilaku organisasi internasional dan padaa batas tertentu, perusahaan multinasional dan individu.
Hukum internasional ialah hukum bangsa-bangsa, hukum antarbangsa atau hukum antarnegara. Hukum bangsa-bangsa dipergunakan untukk menunjukkan padaa kebiasaan dan aturan hukum yangg berlaku dalam hubungan antara raja-raja zaman dahulu. Hukum antarbangsa atau hukum antarnegara menunjukkan padaa kompleks kaedah dan asas yangg mengatur hubungan antara anggota masyarakat bangsa-bangsa atau negara.

Berikut ini kami akan memaparkan Pengertian dan Tujuan Hukum Internasional  Menurut Para Ahli Satu per- satu sehingga teman- teman dapatt memahaminya secara detail :

  • Definisi oleh  Prof. Dr. J.G. Starke 
Hukum Internasional ialah sekumpulan hukum yangg sebagian besar terdiri atas asas-asas dan peraturan tingkah laku yangg mengikat negara-negara  sehingga ditaati dalam hubungan negara-negara tersebut.

  • Definisi oleh Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmaja, S.H.
Hukum Internasional ialah keseluruhan kaidah dan asas yangg mengatur hubungan atau persoalan yangg melintasi batas negara antara negara dengan negara, dan negara dengan subjek hukum lain yangg bukan negara atau subjek hukum bukan negara satu sama lain.
  • Definisi oleh Rebecca M Wallace
Hukum Internasional merupakan peraturan-peraturan dan norma-norma yangg mengatur tindakan negara-negara dan kesatuan lain yangg padaa suatu saat diakui mempunyai kepribadian internasional, seperti misalnya organisasi internasional dan individu, dalam hal hubungan satu dengan lainnya.
  • Hugo de Groot
Mengemukakan bahwa hokum dan hubungan internasional didasarkan padaa kemauan bebas atau hokum alam dan persetujuan beberapa atau semua Negara. Ini ditujukan demi kepentingan bersama dariii mereka yangg menyatakan diri di dalamnya.
Hukum internasional ialah keseluruhan kaidah-kaidah dan asas-asas yangg mengatur hubungan atau persoalan yangg melintasi batas-batas Negara antara Negara dengan Negara, Negara dengan subjek hukum internasional lainnya yangg bukan Negara atau subjek hukum bukan Negara satu sama lain.

  • Definisi oleh Wirjono Prodjodikoro
Hukum Internasional ialah hukum yangg mengatur perhubungan hukum antar berbagai bangsa di berbagai Negara.



Tujuan hukum internasional, antara lain :

  1. Menciptakan sistem hukum yangg teratur daiaam hubungan-hubungan internasional dengan memperhatikan asas keadilan.
  2. Mengatur masalah bersama yangg penting daiaam hubungan subjek-subjek hukum internasional.

Sekian dariiiiiii kami mengenai Pengertian dan Tujuan Hukum Internasional semoga bisa bermanfaat untok anda para kaula muda mudi yan g haus akan pengetahuan


------------------------------------------------------
Sumber :
  • Prof. Dr. Jur. Andi Hamzah, Hukum Acara Pidana Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta, cet. III, 2009
  • H. Riduan Syahrani, SH, Buku Materi Dasar Hukum Acara Perdata, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, cet.V, 2009.

Visitor