Sejarah Politik Kehidupan Sosial dan Ekonomi (Kerajaan Islam Cirebon)



Makalah Pengertian sejarah cirebon? Kerajaan cirebon? Kesultanan cirebon? Keraton cirebon? Keraton kasepuhan? 

 

Berikut ini kami akan memaparkan Sejarah, Politik, Kehidupan Sosial dan EkonomiKerajaan Islam Cirebon satu per- satu sehingga teman- teman dapat memahaminya secara detail :

Sejarah Kerajaan Cirebon didirikan oleh Fatahiliah atau Sunan Gunung Jati. Pada masa pemerintahan Fatahiliah, Cirebon dapat berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dan perluasan wilayah yg berhasil dilakukan oleh Fatahiliah, persebaran agama Islam berkembang pesatdan Cirebon mampu menjadi pusat perdagangan dan menjalin hubungan perdagangan dgn Cina. Wafatnya Fatahiliah diganti oleh Panembahan Ratu. Cirebon berhasil dikuasal VOC dan Iayahnya dibagi menjadi tiga yaltu Kasepuhan, Kanoman, dan Kacirebonan yaitu pada tahun 1681.


Sejarah, Politik, Kehidupan Sosial dan Ekonomi Kerajaan Islam Cirebon
Sejarah, Politik, Kehidupan Sosial dan Ekonomi Kerajaan Islam Cirebon

Letak Kerajaan Cirebon ini berada di Jawa Barat. Kerajaan Cirebon ini didirikan oleh seseorang yg bernama Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Beliau juga merupakan seorang Ulama yg sangat gigih dlm menyebarkan Agama Islam. Atas kegigihannya inilah maka agama Islam akhir tersebar pd sebagian daerah yg ada di Jawa Barat. 

Kemudian Kerajaan Cirebon akhirnya terus mengalami perkembangan selama dibawah kepemimpinannya. Kerajaan tersebut telah berhasil dlm melakukan jalinan hubungan yg baik bersama Kerajaan Mataram Islam. Kerajaan Cirebon begitu sangat dihormati oleh Kerajaan Mataram Islam karena telah didirikan oleh salah seorang Wali Sanga. 

Sebelumnya, Cirebon berada di bawah kekuasaan Demak, akan tetapi Cirebon akhirnya melepaskan diri dan berdiri sebagai kerajaan yg merdeka. Setelah itu, Kerajaan Cirebon menjadi kerajaan yg berkembang dgn pesat menjadi pusat penyiaran agama Islam di Jawa barat dan sebagai pusat perdagangan di Jawa Barat.

Kemudian pd pemerintahan Sunan gunung Jati yg ada di Cirebon ini tak berlangsung lama disebabkan beliau telah lebih menekuni bidang keagamaan. Sesudah melakukan penyerahan tahta kerajaan kepd cucunya yg bernama yaitu Panembahan Ratu. Akhirnya, Sunan Gunung jati bersegera untuk mengundurkan diri dan menyendiri di Gunung Jati. 

Penerus Raja selanjutnya yaitu Pangeran Wanasakera. Di masa pemerintahan pangeran Wanasakerta, maka kerajaan Cirebon sudah mulai diterjang intervensi politik yg berasal dri VOC, sehingga pd tahun 1679 akhirnya Cirebon terbagi atas dua bagian kekuasaan yakni Kanoman dan Kasepuhan. Di perkembangan yg selanjutnya, Kanoman akhirnya terbagi lagi menjadi dua kekuasaan yakni Kacirebonan dan Kanoman. Dgn demikian, akhirnya kekuasaan Cirebon terbagi atas 3 bagian yakni Kacirebonan, Kanoman dan Kasepuhan. Oleh sebab itu pd akhir abad ke 17, mengakibatkan Cirebon telah dikuasai oleh VOC.

Sekian dari kami mengenai Sejarah, Politik, Kehidupan Sosial danEkonomi Kerajaan Islam Cirebon semoga bisa bermanfaat untok anda para kaula muda mudi yang haus akan pengetahuan


Visitor